Tempat Sampah Fiber Dan Beberapa Tempat Sampah Unik

28 December 2017 - Kategori Blog

Jika berbicara tentang tempat sampah tentunya kita pasti akan teringat dengan kondisi bumi saat ini. Yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat dunia yang ada kaitannya dengan sampah adalah masalah global warming. Karena global warming dari bumi kita yang terjadi saat ini menjadi sangat tidak stabil, cuaca hingga mencapai dibawah 0 derajat, banjir terjadi dimana-mana. Sampah merupakan penyebab yang paling utama dari bencana banjir. Kita bisa lihat sungai-sungai atau selokan yang saat ini dijadikan tempat sampah oleh orang-orang yang kurang berpendidikan dan tidak bertanggung jawab, padahal sebenarnya kita dapat membantu mencegah dan mengurangi bencana banjir hanya dengan tindakan sederhana yakni membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah fiber merupakan salah satu jenis tempat sampah yang tentu saja dibuat dari bahan fiber atau fiberglass.

Tempat sampah fiber digolongkan berdasarkan jenis bahan baku pembuatnya. Namun berikut ini ada beberapa jenis tempat sampah unik hasil kemajuan teknologi canggih dewasa ini. Tempat sampah unik hasil rekayasa teknologi manusia-manusia kreatif tersebut antara lain:

  • Tempat sampah otomatis tanpa sentuh

Seperti yang kita ketahui bersama, tempat sampah adalah wadah yang sangat kotor, tidak ada satu orang pun yang suka atau senang untuk menyentuh apalagi memegangnya. Untuk mengatasi masalah agar orang yang membuang sampah tidak perlu menyentuh bagian tempat sampah, seorang ahli menciptakan tempat sampah yang akan membuka dan menutup tanpa harus disentuh. Dengan dilengkapi sensor inframerah, tempat sampah tersebut dapat terbuka secara otomatis jika tangan orang yang akan membuang sampah berada dalam jarak sekitar 6 inci dari sensor. Dan hanya tiga detik setelah sampah masuk ke bak sampah dan proses membuang sampah selesai, tutup tong sampah otomatis tersebut akan tertutup yang tentunya secara otomatis.

  • Tempat sampah yang dilengkapi dengan pembaca barcode

Kita semua harus mengetahui bahwa tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang. Pada bagian bawah dari sebuah botol air mineral biasanya dapat dilihat tanda daur ulang dengan angka yang berada di bagian tengah tanda tersebut. Tanda itulah yang menginformasikan kepada kita apakah sampah platik tersebut dapat didaur ulang atau tidak. Untuk mengantisipasi jenis-jenis plastik dari produk yang biasanya memiliki barcode, dibuat sebuah tempat sampah pintar yang juga dilengkapi dengan barcode. Bagi yang belum mengerti atau memahami yang dimaksud dengan barcode, barcode adalah sebuah kode yang biasanya terlihat berupa garis-garis tegak lurus, yang dapat digunakan untuk mempermudah proses identifikasi dari suatu barang. Aplikasi dari barcode paling banyak digunakan di supermarket atau toko swalayan untuk mempercepat proses penghitungan dan pelayanan. Si kasir atau penjaga toko tinggal mengarahkan sebuah sensor pada barcoden dari suatu produk, dan harga barang atau produk tersebut akan segera tampil dilayar. Tempat sampah ini bisa dikategorikan sebagai tong sampah fiber karena bahannya terbuat dari fiberglass.

  • Tempat sampah Elastis

Seorang ahli juga menciptakan sebuah tempat sampah yang disebut tempat sampah elastis, karena tempat sampah ini dapat mengerut dan mengembang seperti karet. Tong sampah akan mengembang manakala isi tempat sampah tersebut telah banyak, dan sebaliknya akan mengerut (ke posisi semula), jika sampah yang ada di dalamnya berkurang. Selain jenis-jenis tersebut, masih banyak tempat sampah unik yang lain, misalnya tong sampah yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Tempat sampah tersebut tentu agak berbeda dengan tempat sampah fiber biasa yang kita kenal.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter